Mau Hemat? Coba Trik Ini Deh

Banyak orang mengeluh karena mereka tidak pernah bisa berhemat, sementara pengeluaran mereka sehari-hari boros dan keuangan seakan-akan tidak pernah cukup. Banyak orang yang datang ke perencana keuangan untuk mendapatkan diri mereka dimarahi (diomelin) karena menjadi boros dan diharuskan mengubah gaya hidup mereka secara drastis.

Kunci utama sebenarnya adalah banyak orang yang tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Sementara itu di zaman sekarang batas antara kebutuhan dan keinginan semakin tipis.

Sebagai contoh, dahulu kala kebutuhan pokok adalah sandang, pangan dan papan adalah kebutuhan pokok. Saat ini banyak orang berargumentasi bahwa pulsa dan quota juga termasuk ke dalam kebutuhan, karena banyak hal yang bisa dikerjakan dan diselesaikan apabila kita mempunyai pulsa dan kuota.

Nah apa saja sih yang bisa anda lakukan agar tidak boros dan bisa berhemat? Yuk disimak.

Buatlah Perubahan Secara Bertahap

Perubahan keuangan secara drastic sebenarnya tidak bagus dan percuma. Anda akan terperangkap seperti diet yoyo. Di mana di awal anda akan diet dan turun berat badan sebanyak 10 kilogram untuk kemudian malah naik lagi menjadi 20 kilogram. Makanya banyak orang gagal kurus dan gagal diet karena hal ini.

Perubahan keuangan pun demikian. Coba anda perhatikan hal-hal yang tidak esensial alias bukan kebutuhan pokok tapi masih bisa dihilangkan atau diperkecil atau diubah frekwensinya. Sebagai contoh, misalnya anda punya kebiasaan memotong rambut setiap 4 minggu sekali.

Padahal kalau anda tunda memotongnya menjadi 5-6 minggu sekali tidak akan bertambak buruk bagi diri anda. Memang anda akan terlihat lebih gondrong saja, akan tetapi kebutuhan potong rambut bukanlah kebutuhan utama, sehingga menundanya beberapa hari atau beberapa minggu tidak membahayakan bagi kehidupan anda.

Contoh lain yang juga bisa ditunda atau digeser adalah makan di luar bersama keluarga atau menonton bersama. Saya sendiri baru sadar beberapa hari yang lalu di mana biaya nonton bioskop di beberapa tempat langganan saya sudah naik menjadi sangat tinggi sehingga tidak masuk di akal.

Menurut saya pribadi angka psikologis untuk menonton hiburan bioskop adalah di kisaran angka Rp 50.000. Dan saya sendiri sudah terbiasa dengan angka tersebut.

Sehingga ketika ada satu tempat menonton yang menaikan biaya tiket ke Rp 75.000 buat saya hal tersebut menjadi tidak masuk akal. Di tempat lain biaya menonton masih bisa dilakukan dengan membayar Rp 40.000-50.000.

Selain itu yang juga tidak masuk akal bukan hanya menonton bioskopnya tapi membeli makanan. Harga makanan di dalam bioskop sangat mahal dan tidak masuk akal untuk dikonsumsi.

Segelas es teh manis yang anda bisa beli di restoran cepat saji (ukuran besar) dengan harga Rp 11.000 sementara di bioskop bisa dijual ukuran sedang seharga di atas Rp 20.000. Jadi apabila anda menonton bioskop di tempat tersebut di atas dengan biaya Rp 75.000 berdua dengan pasangan anda dan anda membeli minuman dan jagung, maka anda dengan mudah akan menghabiskan Rp 250.000 per sekali nonton.

Bayangkan uang sebanyak itu senilai sama dengan seperempat juta rupiah. Nah untuk menghemat anda tidak perlu menonton bioskop setiap minggu. Anda bisa menontonnya 2 minggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

Yang saya lakukan adalah saya memilih film mana yang bisa dinikmati untuk menonton di bioskop dan mana yang tidak. Menonton di bioskop enak apabila anda mendengar suara yang keras, sehingga film kolosal, perang, action akan sangat menarik untuk ditonton di bioskop.

Sementara itu film sedih dan drama yang tidak mengeluarkan suara dan sound effect besar tidak perlu ditonton di bioskop. Ingat tidak menonton di bioskop setiap minggu tidak akan mempengaruhi fisik, badan dan kehidupan anda.

Ada tips apa lagi? Silahkan tulis di comment👇👇

Buat ngatur keuangan nih,,belajarnya di sini aja:

http://edubisnis.net/dap/a/?a=2579

Salam sukses penuh keberkahaan

🙏F474R🙏

Diterbitkan oleh Fajar Rohman

Manusia biasa yg ingin memperbaiki hidup

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai